Jumat, 01 Maret 2013

contoh RPP Skenario


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas/semester                        : II / 1
Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan                   : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

 I.          Standar Kompetensi
1.1 Mengenal bagian- bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.

II.          Kompetensi Dasar
1.1  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan.

III.          Indikator Pencapaian Kompetensi
a)      Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan.
b)      Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan.

IV.          Tujuan Pembelajaran
a)      Dengan mengamati gambar hewan, siswa dapat menyebutkan bagian- bagian tubuh hewan.
b)      Dengan mengamati tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bagian- bagian tubuh tumbuhan.

V.          Materi Ajar
A.    Bagian Utama Tubuh Hewan
Di sekitarku ada banyak hewan. Semuanya adalah makhluk ciptaan Tuhan. Setiap hewan mempunyai bagian tubuh. Bagian tubuh itu antara lain kepala, badan, ekor, dan kaki.
Ayo kita mempelajarinya bersama.

Kucing mempunyai kepala, leher, badan, ekor, dan kaki. Perhatikan bagian kepalanya. Di bagian itu ada mata, telinga, hidung, dan kumis. Tubuh kucing diselimuti oleh rambut-rambut halus. Warnanya ada yang hitam, putih, atau cokelat. Ada pula kucing yang rambutnya berwarna-warni. Nah, apakah kalian memiliki kucing di rumah?

Selain kucing, juga ada burung. Bagian-bagian tubuh burung adalah kepala, badan, leher, ekor, dan kaki. Burung mempunyai sayap, paruh, dan mata. Burung tidak berkumis seperti halnya kucing. Tubuh burung diselimuti oleh bulu.

Aku masih memiliki hewan piaraan lainnya, Aku mempunyai ayam dan ikan. Ayam mempunyai kepala, leher, badan, sayap, dan ekor. Ayam juga memiliki paruh, jengger, mata, dan kaki. Tubuh ayam diselimuti bulu.

Bagian-bagian tubuh ikan yaitu kepala, badan, ekor, insang, dan sirip. Tubuh ikan terasa licin saat kita pegang. Karena, tubuhnya diselimuti oleh sisik dan berlendir.

    B.     Bagian – bagian utama tumbuhan
Bagian utama tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, buah, biji. Bagian tumbuhan paling bawah adalah akar. Di atas akar terdapat batang, ada batang yang tidak bercabang dan batang yang bercabang. Pada bagian tumbuhan juga terdapat daun. Kebanyakan daun berwarna hijau. Bentuk daun bermacam-macam. Pada umumnya daun tumbuh dari batang tumbuhan tepatnya pada ranting-ranting yang terdapat di batang tumbuhan.
Bentuk dan  warna bunga bermacam-macam. Misalnya saja bunga melati berwarna putih sedangkan bunga mawar berwarna merah. Tahukan kalian apa warna dari bunga pepaya?
Bagian tumbuhan yang sangat menarik adalah buah. Buah juga banyak macam nya. Ada yang buah dapat dimakan ada juga yang tidak. Ada juga buah yang rasa nya enak tidak enak. Ada yang beracun. Apa buah yang kalian sukai?
Kebanyakan biji ada di dalam buah. Biji buah dapat kita lihat jika buah tersebut kita belah. Tetapi selain itu ada juga buah yang bijinya terdapat di luar,contohnya saja jambu monyet.

                 VI.             Alokasi Waktu: 2 x 35 menit
     
         VII.             Metode Pembelajaran
           a)       Diskusi
           b)      Tanya jawab
   
        VIII.             Kegiatan Pembelajaran
            a)       Kegiatan pendahuluan
                   1)      Salam
                   2)      Doa
                   3)      Mengecek kehadiran siswa
                   4)      Apersepsi : Anak-anak biar tambah semangat, sebelum kita memulai pelajaran kita hari  
                          ini,  mari kita menyanyikan sebuah lagu terlebih dahulu ya.. judulnya “lihat kebunku”.
                    5)      Mengkondisikan kesiapan belajar
                    6)      Informasi materi dan tujuan pembelajaran pelajaran yang akan disampaikan.

b)      Kegiatan Inti
1.         Eksplorasi
1)      Guru menanyakan siswa tentang apa yang dilihatnya dikebun :
“ anak-anak, tadi kalian sudah menyanyikan lagu lihat kebun ku kan? Baiklah apa kalian pernah pergi ke kebun? Apa saja yang kalian lihat di kebun itu?”
2)      Guru menanyakan siswa tentang hewan dan tumbuhan yang pernah dilihatnya di sekitar rumah mereka:
“ anak-anak, kalian pasti sudah pernah bermain di sekitar rumah kan? Apakah disana kalian melihat hewan dan tumbuhan? Hewan dan tumbuhan apa saja yang pernah kalian lihat disana?.



2.      Elaborasi
1)      Guru membagi siswa kedalam 3 kelompok untuk berdiskusi :
2)      Siswa mengamati 3 gambar hewan dan 3 tumbuhan agar dapat menyebutkan bagian-bagian dari tubuh hewan dan tumbuhan :
“Anak-anak, ibu akan membagikan gambar hewan dan  tumbuhan untuk setiap kelompok. Masing-masing kelompok akan mendapatkan 3 gambar hewan dan 3 tumbuhan”. Setelah ibu bagikan silahkan kaliah amati dan tuliskan bagian apa-apa saja yang terdapat di sana”.

3)      Siswa dibimbing oleh guru memasangkan nama-nama dari bagian hewan dan tumbuhan yang telah mereka diskusikan ke papan tulis.
“ Baiklah anak-anak, sekarang dimeja ibu terdapat kartu-kartu yang berisi nama-nama dari bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Ibu minta tiap kelompok di wakili dua anggota kelompok nya maju ke depan untuk memasangkan kartu-kartu ini pada gambar hewan dan tumbuhan yang telah kalian diskusikan tadi”.

4)      Guru membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas :
“Bagus sekali semua kelompok sudah memasangkan kartu-kartu pada setiap bagian tubuh hewan dan tumbuhan, sekarang coba kalian sebutkan bagian-bagian yang telah kalian pasangkan tadi!”.

3.      Konfirmasi
1)      Guru menanyakan tentang apa yang sudah di dapatkan siswa dari hasil diskusi.
2)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti ketika pembelajaran berlangsung.
3)       
C.     Kegiatan akhir (10 menit):
1.      Penilaian (guru memberi soal untuk dikerjakan siswa secara individu...Guru memberikan waktu 5 menit untuk siswa menjawab soal)
2.      Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran.


 IX.            Alat /media dan Sumber Belajar
a)      Media
Ø  Tumbuhan
Ø  Kartu yang berisikan nama bagian-bagian tumbuhan

b)      Sumber belajar
1.      KTSP TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2.      Drs. Haryanto. Sains untuk SD kelas II. Penerbit Erlagga : Jakarta.

X.              Penilaian Pembelajaran
Prosedur Tes        : hasil
Bentuk Tes          : essay
Jenis Tes              : tulisan
Instrument test    :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar