Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/semester : II / 1
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan : 2 x 35 menit (1 x
pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
1.1 Mengenal
bagian- bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a) Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan.
b) Menyebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
a) Dengan
mengamati gambar hewan, siswa dapat menyebutkan bagian- bagian tubuh hewan.
b) Dengan
mengamati tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bagian- bagian tubuh tumbuhan.
V.
Materi
Ajar
A.
Bagian
Utama Tubuh Hewan
Di
sekitarku ada banyak hewan. Semuanya adalah makhluk ciptaan Tuhan. Setiap hewan
mempunyai bagian tubuh. Bagian tubuh itu antara lain kepala, badan, ekor, dan
kaki.
Ayo
kita mempelajarinya bersama.
Kucing
mempunyai kepala, leher, badan, ekor, dan kaki. Perhatikan bagian kepalanya. Di
bagian itu ada mata, telinga, hidung, dan kumis. Tubuh kucing diselimuti oleh
rambut-rambut halus. Warnanya ada yang hitam, putih, atau cokelat. Ada pula
kucing yang rambutnya berwarna-warni. Nah, apakah kalian memiliki kucing di
rumah?
Selain kucing,
juga ada burung. Bagian-bagian tubuh burung adalah kepala, badan, leher, ekor,
dan kaki. Burung mempunyai sayap, paruh, dan mata. Burung tidak berkumis
seperti halnya kucing. Tubuh burung diselimuti oleh bulu.
Aku masih
memiliki hewan piaraan lainnya, Aku mempunyai ayam dan ikan. Ayam mempunyai
kepala, leher, badan, sayap, dan ekor. Ayam juga memiliki paruh, jengger, mata,
dan kaki. Tubuh ayam diselimuti bulu.
Bagian-bagian
tubuh ikan yaitu kepala, badan, ekor, insang, dan sirip. Tubuh ikan terasa
licin saat kita pegang. Karena, tubuhnya diselimuti oleh sisik dan berlendir.
B. Bagian
– bagian utama tumbuhan
Bagian utama
tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, buah, biji. Bagian tumbuhan paling
bawah adalah akar. Di atas akar terdapat batang, ada batang yang tidak
bercabang dan batang yang bercabang. Pada bagian tumbuhan juga terdapat daun.
Kebanyakan daun berwarna hijau. Bentuk daun bermacam-macam. Pada umumnya daun
tumbuh dari batang tumbuhan tepatnya pada ranting-ranting yang terdapat di
batang tumbuhan.
Bentuk dan warna bunga bermacam-macam. Misalnya saja
bunga melati berwarna putih sedangkan bunga mawar berwarna merah. Tahukan
kalian apa warna dari bunga pepaya?
Bagian tumbuhan
yang sangat menarik adalah buah. Buah juga banyak macam nya. Ada yang buah
dapat dimakan ada juga yang tidak. Ada juga buah yang rasa nya enak tidak enak.
Ada yang beracun. Apa buah yang kalian sukai?
Kebanyakan biji ada di dalam buah.
Biji buah dapat kita lihat jika buah tersebut kita belah. Tetapi selain itu ada
juga buah yang bijinya terdapat di luar,contohnya saja jambu monyet.
VI.
Alokasi
Waktu: 2
x 35
menit
VII.
Metode
Pembelajaran
a)
Diskusi
b)
Tanya jawab
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
a)
Kegiatan pendahuluan
1)
Salam
2)
Doa
3)
Mengecek kehadiran siswa
4)
Apersepsi : Anak-anak biar tambah
semangat, sebelum kita memulai pelajaran kita hari
ini, mari kita menyanyikan sebuah lagu terlebih
dahulu ya.. judulnya “lihat kebunku”.
5)
Mengkondisikan kesiapan belajar
6)
Informasi materi dan tujuan pembelajaran
pelajaran yang akan disampaikan.
b) Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
1) Guru
menanyakan siswa tentang apa yang dilihatnya dikebun :
“ anak-anak, tadi kalian sudah
menyanyikan lagu lihat kebun ku kan? Baiklah apa kalian pernah pergi ke kebun?
Apa saja yang kalian lihat di kebun itu?”
2) Guru
menanyakan siswa tentang hewan dan tumbuhan yang pernah dilihatnya di sekitar
rumah mereka:
“ anak-anak, kalian pasti sudah
pernah bermain di sekitar rumah kan? Apakah disana kalian melihat hewan dan
tumbuhan? Hewan dan tumbuhan apa saja yang pernah kalian lihat disana?.
2. Elaborasi
1) Guru
membagi siswa kedalam 3 kelompok untuk berdiskusi :
2) Siswa
mengamati 3 gambar hewan dan 3 tumbuhan agar dapat menyebutkan bagian-bagian
dari tubuh hewan dan tumbuhan :
“Anak-anak, ibu akan membagikan
gambar hewan dan tumbuhan untuk setiap
kelompok. Masing-masing kelompok akan mendapatkan 3 gambar hewan dan 3
tumbuhan”. Setelah ibu bagikan silahkan kaliah amati dan tuliskan bagian
apa-apa saja yang terdapat di sana”.
3) Siswa
dibimbing oleh guru memasangkan nama-nama dari bagian hewan dan tumbuhan yang
telah mereka diskusikan ke papan tulis.
“ Baiklah anak-anak,
sekarang dimeja ibu terdapat kartu-kartu yang berisi nama-nama dari bagian
tubuh hewan dan tumbuhan. Ibu minta tiap kelompok di wakili dua anggota
kelompok nya maju ke depan untuk memasangkan kartu-kartu ini pada gambar hewan
dan tumbuhan yang telah kalian diskusikan tadi”.
4) Guru
membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas :
“Bagus sekali semua kelompok sudah
memasangkan kartu-kartu pada setiap bagian tubuh hewan dan tumbuhan, sekarang
coba kalian sebutkan bagian-bagian yang telah kalian pasangkan tadi!”.
3. Konfirmasi
1) Guru
menanyakan tentang apa yang sudah di dapatkan siswa dari hasil diskusi.
2) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang belum dimengerti ketika pembelajaran berlangsung.
3)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit):
1. Penilaian
(guru memberi soal untuk dikerjakan
siswa secara individu...Guru memberikan waktu 5 menit untuk siswa menjawab
soal)
2. Guru
melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3. Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
IX.
Alat
/media dan Sumber Belajar
a) Media
Ø Tumbuhan
Ø Kartu
yang berisikan nama bagian-bagian tumbuhan
b) Sumber
belajar
1. KTSP
TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2. Drs.
Haryanto. Sains untuk SD kelas II. Penerbit Erlagga : Jakarta.
X.
Penilaian
Pembelajaran
Prosedur Tes : hasil
Bentuk
Tes : essay
Jenis
Tes : tulisan
Instrument
test :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar